BAB I
MANUSIA (THE HUMAN)
1.
Jalur
Input/Output
Manusia
berinteraksi dengan lingkungannya melalui sebuah informasi yang diterima dan
dikirim, adapun bahasan dalam kajian input/outpun manusia adalah sebagai
berikut :
1)
Input manusia
Panca indra (mata, telinga, hidung, lidah, kulit).
a)
Mata Manusia
Mempunyai aktifitas yang sangat kompleks. Menerima stimulus
fisik dan memproses serta menginterpretasikan
stimulus.Menerima cahaya dan mentransformasikan ke energi listrik.Cahaya
direfleksikan dari objek yang terlihat dan
image-nya terfokus terbalik di belakang mata.
b)
Lidah
c)
Telinga
Pendengaran
dimulai dengan adanya getaran di udara
atau gelombang suara. Telinga
terbagi ke dalam 3 bagian :
d)
Kulit
Perabaan
dimulai dari kulit, yang terbagi ke
dalam 3 tipe sensor reseptor (penerima) :
2)
Output manusia
Control motor dan efektor
(jari-jari, mata, kepala, anggota badan (tangan dan kaki), dan sistem vocal.
3)
Mata manusia
Menerima cahaya dan
mentransformasikan ke energi listrik. Cahaya direfleksikan dari obyek yang
terlihat dan imagenya terfokus terbalik di belakang mata.
4)
Persepsi visual
Ukuran dan tinggi, pencahayaan serta
reaksi subjektif pada warna. Kelemahan yang sering muncul adalah ketika timbul
ilusi-ilusi pada pencahayaan warna.
5)
Baca
Pola visual dan huruf yang didapat,
dikodekan ke representasi internal suatu bahasa, proses bahasa meliputi analisa
ejakan serta dioperasikan dalam sebuah kalimat.
6)
Pendengaran
Dimulai dengan adanya getaran di
udara atau glombang suara.
7)
Proses suara
Suara diubah dan divibrasikan dalam
tekanan udara.
8)
Praba
2.
Memori
Manusia
Memori
adalah bagian kedua dari model manusia sebagai sebuah sistem pengola informasi.
Secara umum ada 3 jenis/fungsi memori yaitu:
a) Memori
Penyaring (sensor)
Bekerja
sebagai tempat penyimpan sementara (buffer) untuk menerima rangsang dari
indera. Terdiri dari 3 saluran penyaring
:
1)
Iconic
: menerima rangsang penglihatan (visual).
2)
Echoic
: menerima rangsang suara.
3)
Haptic
: menerima rangsang sentuhan.
Isi
memori selalu diperbaharui setiap kali ada rangsang yang masuk, contoh: kita
dapat mengetahu perubahan letak jari tangan kita yang digerakkan didepan mata
kita. Informasi akan dilanjutkan ke
memori jangka pendek dengan catatan hanya rangsang yang dibutuhkan saat
itu, berupa perhatian pikiran pada salah satu dari sekian banyak rangsang yang
masuk.
b) Memori
Jangka Pendek (Short Term Memori)
Merupakan daerah memori yang selalu
aktif dan dianggap sebagai memori pekerja (membaca dan menghitung). Memori
jangka pendek/memori kerja bertindak sebagai tempat menyimpan data sementara,
digunakan untuk menyimpan informasi yang hanya dibutuhkan sesaat. Misal : saat
seseorang menghitung 35 x 6, mungkin orang itu akan mengalikan 5 dengan 6 dulu
baru kemudian 30 x 6. Untuk membentuk perhitungan seperti diatas diperlukan
penyimpanan sementara untuk digunakan kembali kemudian. Memori dapat diakses
dengan cepat ±70 ms, penghilangan cepat ±200 ms. Kapasitas memori kecil /
terbatas.
c) Memori
Jangka Panjang (Long Term Memori)
Menyimpan
informasi yang lebih detail melalui sebuah analisa serta pengakuan terhadap
adanya prosedur-prosedur yang wajib dilalui ketika melakukan sebuah pengolahan
terhadap sebuah informasi yang diterima agar mampu dijadikan sebuah output guna
mengambil sebuah keputusan yang tepat. Memori ini diperlukan
untuk menyimpan informasi dalam jangka waktu lama. Merupakan tempat menyimpan
seluruh pengetahuan, fakta informasi, pengalaman, urutan perilaku, dan segala
sesuatu yang diketahui. Kapasitas besar/ tidakterbatas, kecepatan akses lebih lambat
±1/10 second, proses penghilangan pelan. Ada 2 cara menggali ingatan kembali
dalam memori jangka panjang :
1)
Episodic : urutan
ingatan tentang kejadian.
2)
Semantic : memori yang
tersusun berdasar fakta, konsep dan ketrampilan Informasi semantic terbentuk
dari episodic.
3)
Psikologi
dan Desain Sistem Interaktif
Bagaimana
kita mengaplikasikan apa yang telah kita
pelajari untuk mendesain sistem yang interaktif. Dalam
mendesain sistem yang interaktif, kita
tidak bisa sembarangan, tetapi harus mengacu /
melihat dari ilmu psikologi (karena berhubungan
dengan perilaku manusia). Beberapa yang harus diketahui
dalam mendesain sistem yang interaktif dalam
relevansinya dengan psikologi kognitif :
1)
Guidelines.
2)
Model2 pendukung desain.
3)
Teknik mengevaluasi.
a.
The Human
(Manusia = User)
Terbatas dalam kapasitas memproses informasi, implikasi untuk desain
informasi pada manusia :
1)
Diterima dan direspon melalui
saluran (channel) input/output.
2)
Disimpan di memory.
3)
Diproses dan diaplikasikan.
b.
Komputer
Terdiri dari berbagai macam elemen yang masing-masing memiliki pengaruh
terhadap user. Peralatan input untuk penggunaan secara interaktif memungkinkan
user untuk memasukkan teks gambar, dan memilih obyek pada layar. Perlatan
output untuk penggunaan secara interaktif secara umum adalah beberapa jenis
layar serta output dengan suara. Output dan input dalam bentuk kertas.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar