BAB XIV
SISTIM BERSENSOR GANDA
1.
Usable
sensory inputs, Multi-modal & multi media system
Penggunaan saluran sensor secara bersamaan akan
meningkatkan bandwidth interaksi antara manusia dan komputer. Hal ini juga akan
membuat interaksi manusia-komputer menjadi seperti interaksi antara manusia dan
lingkungannya.
1. Usable
sensory input
Ada 5 yaitu:
a. Berkenaan
dengan penglihatan (visual), merupakan sensor yang paling utama digunakan dalam
komunikasi.
b. Suara
(sound), digunakan terbatas pada beberapa interface misal; suara “beep”
digunakan sebagai “warning”
c. Pendengaran (hearing), digunakan dalam
kehidupan sehari-hari sehingga perluasan aplikasi ke interface dapat
bermanfaat.
d. Rasa(taste)
e. Bau
(smell), merupan sensor yang paling sedikit digunakan karena digunakan sebagai
penerima informasi dari pada untuk komunikasi.
2. Multi-modal
dan multi-media system
Multi-modal system dikembangkan untuk mengambil
keuntungan atas indera alami manusia. Dengan menggunakan lebih dari 1 indera
atau mode komunikasi, sistem ini lebih memberdayakan penggunaan auditory
channel (jalur yang berhubungan
dengan pendengaran, suara).
2. Non-Speech
Sound
Digunakan sebagai alarm dan warning, atau status
information. Penampilan informasi yang redundan dapat meningkatkan kinerja
user. Contohnya, user dapat mengingat suara yang mencerminkan icon tertentu,
tapi bukan tampilan visualnya.
Perbedaan
Speech
|
Non-Speech
|
·
Serial dan user harus mendengarkan keseluruhan kalimat sebelum mengerti
maksudnya, sehingga membutuhkan waktu yang panjang
·
Kita perlu memahami dan menterjemahkan untuk mengetahui bahasa yang
digunakan.
|
·
Dapat diasosiasikan dengan kejadian khusus, dan waktu yang dibutuhkan
lebih pendek
·
Universal(mempunyai arti yang sama dibelahan bumi manapun).
·
Menyediakan informasi status.
·
Navigasi sistem
|
3. Peneganalan
tulisan tangan(handwriting recognition)
Seperti
speech, tulisan tangan merupakan bentuk alami dari komunikasi. Tulisan tangan
menawarkan input tekstual dan input grafik dengan menggunakan alat yang sama.
4. Text,
Hypertext, dan Hypermedia
Output tekstual ditampilkan dalam bentuk sebuah blok
teks, atau sebagai suatu urutan halaman yang harus dibaca. Bagaimanapun
menampilan teks dalam gaya berurut, seperti halaman per halaman, adalah tidak
cocok untuk browsing, karena hal ini memaksa pembaca untuk mengikuti alur
berpikir penulis.
a)
Aplikasi hypermedia
1.
Hypercard
Yang meniru sebuah kartu indeks, yang dari situ user
dapat mencari sesuatu. Masing-masing kartu dapat menyimpan text, diagram,
photograph, bitmap dan lain-lain.
5. Animasi
dan Video
1.
Animasi
Animasi
menjadi elemen yang paling biasa / lazim pada sebuah sistem. Dengan animasi
dapat membuat suatu image berpindah, berubah (alter) dan berganti pada waktu
yang bersamaan
2.
Video dan digital video
Penggunaan
video akan memperluas potensi interface dan memberikan designer tool/alat lain,
dan cara lain untuk menampilkan informasi.
6. Pengenalan
gerak dan komputer vision
1.
Pengenalan gerak
Gerakan adalah komponen IMK yang menjadi pusat
perhatian dalam Multimodal system. Computer vision
a.
Dengan vision system yang baik, memungkinkan komputer untuk mengenali
user-nya dan membentuk sistem yang sesuai dengan permintaan. Computer vision
mempunyai efek yang dalam pada interaksi.
b.
Computer vision system cenderung berdasar pada pendekatan “bottomup”
dimana image-image diperlakukan sebagai satu set
pixel yang secara progresif dianalisa untuk mengambil inti dari artinya.
c.
Satu set tertentu dari proses akan dapat mengambil input image dan
memprosesnya untuk menghilangkan noise.
7. Aplikasi
multi-media system
1.
Interface user dengan kebutuhan khusus
Penelititan
interface untuk user dengan kebutuhan-kebutuhan khusus terfokus pada penyediaan
sistem interaksi bagi mereka yang kebutuhannya tidak disediakan oleh komputer
standard.
2.
Virtual reality
Virtual
reality berhubungan dengan simulasi yang diciptakan komputer atas suatu situasi
dimana user seolah-olah berada dalam situasi itu. VR ini merupakan seni dalam
Multi-Media System tapi lebih ditekankan pada sensasi visual.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar