Senin, 15 Desember 2014

BAB XIV SISTIM BERSENSOR GANDA



BAB XIV
SISTIM BERSENSOR GANDA

1.      Usable sensory inputs, Multi-modal & multi media system
Penggunaan saluran sensor secara bersamaan akan meningkatkan bandwidth interaksi antara manusia dan komputer. Hal ini juga akan membuat interaksi manusia-komputer menjadi seperti interaksi antara manusia dan lingkungannya.
1.      Usable sensory input
Ada 5 yaitu:
a.       Berkenaan dengan penglihatan (visual), merupakan sensor yang paling utama digunakan dalam komunikasi.
b.      Suara (sound), digunakan terbatas pada beberapa interface misal; suara “beep” digunakan  sebagai “warning”
c.        Pendengaran (hearing), digunakan dalam kehidupan sehari-hari sehingga perluasan aplikasi ke interface dapat bermanfaat.
d.      Rasa(taste)
e.       Bau (smell), merupan sensor yang paling sedikit digunakan karena digunakan sebagai penerima informasi dari pada untuk komunikasi.

2.      Multi-modal dan multi-media system
Multi-modal system dikembangkan untuk mengambil keuntungan atas indera alami manusia. Dengan menggunakan lebih dari 1 indera atau mode komunikasi, sistem ini lebih memberdayakan penggunaan auditory channel  (jalur yang berhubungan dengan pendengaran, suara).




2.      Non-Speech Sound
       Digunakan sebagai alarm dan warning, atau status information. Penampilan informasi yang redundan dapat meningkatkan kinerja user. Contohnya, user dapat mengingat suara yang mencerminkan icon tertentu, tapi bukan tampilan visualnya.
Perbedaan
                  Speech
          Non-Speech
·      Serial dan user harus mendengarkan keseluruhan kalimat sebelum mengerti maksudnya, sehingga membutuhkan waktu yang panjang
·      Kita perlu memahami dan menterjemahkan untuk mengetahui bahasa yang digunakan.
·      Dapat diasosiasikan dengan kejadian khusus, dan waktu yang dibutuhkan lebih pendek
·      Universal(mempunyai arti yang sama dibelahan bumi manapun).
·      Menyediakan informasi status.
·      Navigasi sistem


3.      Peneganalan tulisan tangan(handwriting recognition)
Seperti speech, tulisan tangan merupakan bentuk alami dari komunikasi. Tulisan tangan menawarkan input tekstual dan input grafik dengan menggunakan alat yang sama.

4.      Text, Hypertext, dan Hypermedia
Output tekstual ditampilkan dalam bentuk sebuah blok teks, atau sebagai suatu urutan halaman yang harus dibaca. Bagaimanapun menampilan teks dalam gaya berurut, seperti halaman per halaman, adalah tidak cocok untuk browsing, karena hal ini memaksa pembaca untuk mengikuti alur berpikir penulis.
a)      Aplikasi hypermedia
1.      Hypercard
Yang meniru sebuah kartu indeks, yang dari situ user dapat mencari sesuatu. Masing-masing kartu dapat menyimpan text, diagram, photograph, bitmap dan lain-lain.


5.      Animasi dan Video
1.      Animasi
Animasi menjadi elemen yang paling biasa / lazim pada sebuah sistem. Dengan animasi dapat membuat suatu image berpindah, berubah (alter) dan berganti pada waktu yang bersamaan
2.      Video dan digital video
Penggunaan video akan memperluas potensi interface dan memberikan designer tool/alat lain, dan cara lain untuk menampilkan informasi.

6.      Pengenalan gerak dan komputer vision
1.      Pengenalan gerak
Gerakan adalah komponen IMK yang menjadi pusat perhatian dalam Multimodal system. Computer vision
a.    Dengan vision system yang baik, memungkinkan komputer untuk mengenali user-nya dan membentuk sistem yang sesuai dengan permintaan. Computer vision mempunyai efek yang dalam pada interaksi.
b.     Computer vision system cenderung berdasar pada pendekatan “bottomup”
dimana image-image diperlakukan sebagai satu set pixel yang secara progresif dianalisa untuk mengambil inti dari artinya.
c.    Satu set tertentu dari proses akan dapat mengambil input image dan memprosesnya untuk menghilangkan noise.


7.      Aplikasi multi-media system
1.      Interface user dengan kebutuhan khusus
Penelititan interface untuk user dengan kebutuhan-kebutuhan khusus terfokus pada penyediaan sistem interaksi bagi mereka yang kebutuhannya tidak disediakan oleh komputer standard.
2.      Virtual reality
Virtual reality berhubungan dengan simulasi yang diciptakan komputer atas suatu situasi dimana user seolah-olah berada dalam situasi itu. VR ini merupakan seni dalam Multi-Media System tapi lebih ditekankan pada sensasi visual.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar